Sosok yang Sangat Mencintai Ilmu
Sejak usia dini, Beliau telah mendapatkan pendidikan agama kuat dari kedua orang tuanya. Menginjak usia 11 tahun, pada masa penjajahan Belanda, beliau masuk sekolah Wolk School (Sekolah Rakyat) selama empat tahun (1917-1921). Selanjutnya, beliau memperdalam Al-Qur’an beserta tajwidnya pada KH. M. Kholil dan KH. Muntaha, (menantu Kiai Kholil) di Pondok Pesantren Kademangan Bangkalan Madura. Dan pada tahun 1922 beliau melanjutkan proses belajar agamanya di Pondok Pesantren Banyuanyar Pamekasan yang diasuh oleh KH. R. Abdul Hamid dan puteranya KH. Abdul Majid.
Pada tahun 1925, mulai merantau ke tanah Jawa dan mondok di Pesantren Sidogiri Pasuruan yang diasuh oleh KH. Nawawi. Di sini beliau hanya belajar satu tahun, karena ketika itu ayahandanya tercinta meninggal dunia. Sehingga, sebagai putera sulung, beliau harus pulang ke Madura, mengantikan posisi ayahandanya.
Pada usia 22 tahun, beliau menimba ilmu di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang yang diasuh oleh KH. Hasyim Asy’ari (Pendiri Organisasi Nahdlatul Ulama). Di pesantren ini, makin mempertajam ilmu agama dan ilmu bahasa Arab pada tingkatan yang lebih atas lagi, baik pada Kiai Hasyim, KH. Maksum bin Kuaron Seblak (menantu Kiai Hasyim), maupun pada KH. Wahid Hasyim (Putera Kiai Hasyim). Di Jombang ini pula, beliau berguru kepada KH. Maksum Ali (Seblak Jombang).
Pada pertengahan tahun 1928, bersama dengan nenek, ibu dan adik kandungnya, berangkat ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji dan menetap di Sifir lain untuk menuntut ilmu. Beliau belajar di Makkah selama lima tahun. Adapun para ulama yang menjadi guru beliau antara lain: KH. M. Baqir (berasal dari Yogyakarta), Syekh Umar Hamdani AI Maghribi, Syekh Alwi Al Maliki (mufti Maliki di Makkah), Syekh Sa’id Al-Yamani (mufti Syafi’i di Makkah), Syekh Umar Bayunid (mufti Syafi’i di Makkah), Syekh Yahya Sangkurah (berasal dari Malaysia), dan Syekh Syarif Muhammad bin Ghulam As¬-Singkiti.
Sebelum pulang ke tanah air, beliau sempat mukim di Madinah selama enam bulan. Di sini beliau mengikuti berbagai pengajian di Masjid Nabawi dari beberapa ulama terkemuka saat itu, di antaranya dari Syekh lbrahim Al-Barry. Pada tahun 1934, beliau pulang ke tanah air dan langsung menetap di Madura. Sejak tahun itu beliau akrab dipanggil KH. Zaini Mun’im, Pemimpin dan Pengasuh Pondok Pesantren Panggung Galis Pamekasan. Di samping para guru beliau yang telah tersebut, beliau juga berguru kepada KH. Shonhaji (Pamekasan), KH. Moh. Shaleh (Pakong Pamekasan), KH. Abd. Hamid (Krepek Pamekasan) dan KH. Syamsul Arifin (Sukorejo Situbondo). Kehadiran beliau di Pondok Pesantren Salafiyah Syafi’iyah Sukorejo yang saat itu diasuh oleh KH. Syamsul Arifin, menjadi bagian dari proses beliau menetap di Karanganyar Paiton dan akhirnya mendirikan Pondok Pesantren Nurul Jadid.
Ketika awal kedatangan di Desa Karanganyar, mulanya KH. Zaini Mun’im tidak bermaksud mendirikan lembaga pendidikan pesantren, tapi hanya ingin mengisolasi diri dari keserakahan dan kekejaman penjajah. Selanjutnya be¬liau hendak melanjutkan perjalanannya ke pedalaman Yogyakarta, menemui teman teman seperjuangannya.
Tapi sebelum cita cita luhur itu terealisasi, beliau telah mendapatkan amanah berupa dua orang santri: Syaifuddin (Sidodadi Paiton) dan Syafiuddin (Gondosuli Kotaanyar Paiton). Saat itu, mereka berdua ditem¬patkan di surau kecil yang kala itu selain berfungsi sebagai tempat shalat, juga untuk ruang tamu, mengajar dan tempat tidur santri. Karena ada titipan dua santri itu, dan didorong oleh semangat kecintaan beliau pada ilmu pengetahuan, maka beliau mengurungkan niat semula dan menetap di Karanganyar. Pilihan ini kemudian bertambah bulat, seiring meningkatnya jumlah santri yang berguru kepada beliau.
K. MAHDAR (MBAH) ADALAH SANTRI K.H. ZAINI SEMASA DI GALIS MADURA, KETIKA BELIAU HIJRAH KE SUKOREJO KARENA PESANTREN BELIAU DI BAKAR OLEH PENJAJAH, BELIAU PERNAH MEMBELI SAWAH YANG MERAWAT ADALAH K. MAHDAR. LALU DI JUAL LAGI UNTUK DIBELIKAN DI PAITON