Sementara di sisi lain, terdapat model yang agak berbeda dengan tradisi Pengantin Madura di desa Candi dan sekitarnya, di bagian selatan, dengan tradisi pangantan di desa Lapa Taman dan sekitarnya, di bagian utara, meskipun sama-sama wilayah bagian timur pulau Madura. Hal ini didasarkan pada keterangkan yang disampaikan oleh Ki Munabi, sebagai ketua pangereng dari desa Lapa Taman, bahwa “para pangereng pangantan lake’ harus mampu melewati lima buah pintu yang sudah disedikan oleh tuan rumah, yang masing-masing pintu harus dibuka dengan tembang artate, sebagai syarat awal serah terima”.
Adu tembang antar pangereng, tidak dilaksanakan setelah serah terima selesai, seperti di desa Candi dan sekitarnya, tapi sebelum serah diterima dilakukan dengan syarat, harus bisa membuka lima pintu yang masing-masing pintu berisi pertanyaan dan tantangan yang berbeda. Untuk membuka pintu pertama, pangereng pangantan lake’ harus bisa menjawab pertanyaan dari pangereng pangantan bini’, yang disampaikan dengan tembang artate, dan harus dijawab dengan tembang yang sama. Begitu seterusnya sampai semua pintu bisa dibuka dan rombongan dari pangantan lake’ baru bisa diterima.
Sekedar sebagai contoh, saya tuliskan sepenggal percakapan antara pangereng pangantan lake’ dan pangantan bini’ , saat akan memasuki pintu pertama. Ketua pangereng pangantan bini’, yang berada di balik lima pintu, berujar dengan tembang artate:
//Ingsun tanpa sabdaning nerpati/lamon ono/wong njaluk lawang/siro takona dinjati/yen werro asalipon/ing undake lawang neng riki/mapan lawang tondo sango/sekawan neng jerro/limo kang neng jaba/werno-warni/iku ngulatana dimin/yen werro kengeng manjenga/lawang jawi lalema’ puniki/ono abang/apa ara niro/yen kuning apa arane/peng tigo ireng iku/ing kang ijo opo artine/yen putih opo artine/punika tinutur/lawang lalemo punika/iku wonten/ing jawi ing riki/iku siro ngulatena //
Versi bahasa Madura
//Kaulâ narèma papakon/namong bâdâ/orèng mondut labâng/pasèra tanya’aghi sanyatana/manabi onèng ka asal èpon/dhâ’ ondhâggâ labâng e ka’dinto/asabâb labâng panèka aondâgghâ sanga’/pa’-empa’ bâdâ è dâlem/lalema’ bâdâ e lowar/ana-bârna/sampean ngoladhâna dhimen/manabi onèng ka robâna bisa maso’/labang lowar sè lalèma’ ghanika/bâdâ merah/ponapa nyamana/mon konèng anyama ponapa/sè nomer tello’ ropana celleng/sè bhiru anyama ponapa/manabi sè potè ponapa artèna/ngirèng dhâbuwaghi/labâng sè lalèma’ genika/lakar pon bâdâ/e lowarra karaton ka’dinto/ghâpanèka pasèra sè ngoladhi//
Versi bahasa Indonesia
//Saya menerima perintah/namun ada orang/yang mengambil pintu/siapa sebenarnya, tanyakan/bila tahu dari mana asalnya/tingkatan pintu tersebut/sebab pintu itu bertangga sembilan/empat ada di dalam/lima ada di luar/berwarna-warni/anda lihat dulu/wajah yang bisa masuk/pintu luar yang lima itu/ada yang merah/apa itu namanya/bila kuning namanya apa/yang nomer tiga wajahnya hitam/yang hijau namanya apa/bila yang putih apa ada artinya/mari sebutkan/pintu yang lima itu/memang sudah ada/di luar keraton ini/hal itu siapa yang melihat//
Kemudian dengan tidak kalah lantang dan berani, ketua pangereng pangantan lake’ menjawab penuh wibawa dengan tembang serupa:
//Sapunika lawang limo nenggi/ropanipun/kaya wong pandawa/karuhun Prabu Amerti/Peng kali Seno puniko/peng tiga Arjuna nenggi/peng empat aran Nakula/peng lema’ puniko/Sadewa iku arannya/iya iku/ropane lawang puneki/ingsun arsa mlebbuwe//
//Saka’dinto labâng lema’ paneka/robâna/kadhi reng pandhâbâ/katoronanna Prabu Amerta/kapeng duwâ’ ka’dinto Seno /kapeng tello’ Arjhuna/kapeng empa’ Nakula/kapeng lema’ paneka/Sadewa sebuddhânna/engghi paneka/robâna labâng paneka/kaulâ arassa maso’//
//Seperti ini pintu tersebut/wajahnya/seperti orang pandawa/leluhur dari Prabu Amerta/kedua yaitu Seno/ketiga Arjuna/keempat Nakula/kelima yaitu/Sadewa sebutannya/yaitu/wajah pintu tersebut/sepertinya saya masuk//
******
Itulah tembang-tembang, dengan segala ajaran yang tersirat di dalamnya, yang menjadi bagian vital dari tradisi Pengantin Madura. Tentu tembang-tembang tersebut menyimpan rahasia: kenapa harus kasmaran, senom dan artate? Apa dibalik kisah sepasang suami istri Maljuna dan Andawiyah? Apa pula makna perlambang dan kandungan folosofis lima pintu? Paling terkahir: apa hakikat Pengantin Madura?
Diangkat dari blog Ranggun Paseser